SOHC dan DOHC Pada Mesin Mobil

April 5, 2010 at 3:22 am Leave a comment

Semakin berkembangannya zaman maka makin banyak teknologi pada mesin yang teraplikasikan baik untuk kecepatan atau konsumsi BBM. Sama seperti tulisan yang akan dibahas kali ini, yaitu SOHC dan DOHC.

SOHC adalah singkatan dari Single Over Heat Camshaft. Teknologi ini merupakan suatu teknologi dimana suatu mesin memiliki pengatur buka tutup katup hanya satu/single. Sistem seperti ini membuat mobil memiliki tenaga dan torsi terbesar sejak putaran mesin awal hingga putaran mesin tengah, hal ini membuat konsumsi BBM semakin irit. Perangkat ini biasa diaplikasikan pada mobil-mobil yang memang diciptakan untuk membelah kemacetan kota. Contoh mobil yang menerapkan sistem semacam ini yaitu Suzuki karimun estilo.

DOHC merupakan singkatan dari Double Over Heat Camshaft. Sistem seperti ini memiliki double pengatur buka tutup katup. Sistem ini membuat tenaga dan torsi terletak pada putaran mesin tengah sampai atas, biasanya perangkat ini diaplikasikan pada mesin mobil balap, tetapi kelemahan dari perangkat ini yaitu konsumsi BBM yang boros mengingat torsi puncak berada pada rpm atas.

Memang ada banyak faktor yang memperngaruhi jumlah konsumsi BBM. Tetapi kalau dilihat dari besar tenaga yang keluar dari rpm tertentu maka hal tersebut juga dapat mempengaruhi konsumsi BBM.

Entry filed under: 1. Tags: .

Pemicu Mesin Mobil Getar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

April 2010
M T W T F S S
« Mar    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: