Honda Supra Fit 2003 (Jakarta)

April 1, 2010 at 1:36 am Leave a comment

Piston 58,5 MM

4205supra-fit-bule-yudi-1.jpgHonda Supra Fit korekan PJ Motor ini bisa dijadikan contoh. Terbukti bisa dipasangi piston alias seher 58,5 mm milik Honda Sonic. sehingga, meski tetap mempertahankan stroke standar 49,5 mm, kapasitas silinder mencapai 133 cc.

Bisa dipasangi seher 58,5 mm adalah untuk menepsi anggapan kalau mesin Honda generasi C Series mentok pakai seher Kaze. “Karena baut silinder saling berdekatan yang mengakibatkan tidak bisa dipasangi seher gede,” ucap Yudi Once, mekanik dari samping Graha Mas, Kebon Jeruk, Jakarta Barat itu.4206supra-fit-bule-yudi-2.jpg

Untuk pasang piston Sonic, juga harus ganti boring. Diameter luar boring mentok 62 mm. Ketebalan liner hanya sisa 1,75 mm. “Lumayan riskan jika dipakai harian,” jelas pria anak satu itu.

Supaya boring bisa masuk ke lubang karter, tentunya harus diakali. Diameter lubang karter harus dilebarkan. Tapi, sepertinya Yudi malas pergi ke tukang bubut. Akhirnya cukup dipapas menggunakan pisau tuner. Namun diingatkan untuk tetap hati-hati saat proses papas berlangsung. Dikhawatirkan geram dari papasan bisa nyelonong masuk ruang girboks.

4208supra-fit-bule-yudi-4.jpgLantas untuk pasang piston, ya tinggal plek. Karena diameter pin seher Supra Fit dan Sonic sama-sama 13 mm. Namun kendalanya kepala seher Sonic nongol dari bibir atas blok silinder. Untuk itu harus dipapas lagi. Terutama pada bagian yang ditonjok klep. Dibuatkan coakan dalam agar tidak mentok katup.

Berikutnya tinggal memperlancar aliran gas bakar lantaran silinder sudah buncit. Yudi pasang klep isap 28 mm dan buang 24 mm. Tentu dilakukan porting ulang menyesuaikan karburator yang sudah pakai ukuran 26 mm.

Di bagian kepala silinder juga sudah disesuaikan. Tentunya, lebar squish harus menyesuikan lagi dengan piston yang sudah pakai ukuran gede. Hasilnya lumayan. Masih bejaban kalau main di kelas standaran.

MAGNET ENTENG4207supra-fit-bule-yudi-3.jpg

Meski motor kelihatan seperti standar, tapi magnet yang digunakan lumayan mengundang perhatian. Adopsi magnet enteng seperti milik merek Takegawa. Satu set berikut CDI, sepul dan pulser. “Murah kok hanya Rp 1 juta. Pasangnya sistem bolt on. Gak perlu ke tukang bubut,” rendah Yudi yang Gondrong itu.

Namun penggunaan magnet enteng ini hanya cocok untuk trek yang tidak begitu panjang alias pendek. “Maksimal 600 meter. Untuk trek panjang harus seting gir lagi,” jelas Donay yang jajal motor ini di Jl. Taman Aries, Jakarta Barat.

Selain itu, untuk trek panjang atau pendek juga harus seting timing pengapian. Bisa disetel maju atau mundur secara manual. “Posisi pulser bisa digeser kiri-kanan dengan mengendurkan sekrup penguncinya,” jelas Yudi.

DATA MODIFIKASI

Karbu : RX-King
Koil : Blue Thunder
Knalpot : Ahau
Tabung nafas : Stainless
PJ Motor : 0813-1965-7145

Penulis/Foto : Aong/Yudi

Motorplus-Online.com

About these ads

Entry filed under: Korek Mesin. Tags: .

MENGUPAS REALITAS UU No. 22 Tahun 2009 Kawasaki KLX 150S 2009 (Jakarta)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

April 2010
M T W T F S S
« Mar    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: